KD-17

Apa itu Defleksi Yoke ?

Pengertian Defleksi Yoke adalah salah satu komponen televisi yang fungsinya adalah untuk pembelok sinyal elektron yang dipancarkan untuk ditampilkan ke layar CRT TV, sinyal elektron yang ditembakkan ini dibelokkan secara horizontal (kanan-kiri) dan vertikal (atas-bawah). Elektron yang ditembakan ke layar ini bertabrakan dengan fosfor sehingga terbentuklah cahaya di layar TV.

Bagaimana ? sudah ada sedikit gambarannya kan mengenai pengertian deflection yoke ?

Karena secara fungsinya adalah membelokkan elektron secara horizontal dan vertikal maka deflection yoke ini juga terdapat dua gulungan yaitu gulungan horizontal dan gulungan vertikal.

Biasanya pada kebanyakan yoke, gulungan horizontal terdapat di bagian dalam sedangkan gulungan vertikal terdapat di bagian luar, lebih jelas nya bisa dilihat gambar dibawah ini :

Jika didalam rangkaian TV ditunjukkan digambar berikut ini :

Lalu bagi yang belum tahu diagram defleksi yoke seperti apa urutan gulungannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini yang diambil dari beberapa referensi, yang jelas mungkin bisa memberikan sedikit gambaran :

Tambahan lagi, kebanyakan tetapi tidak semuanya juga, gulungan defleksi horizontal selalu ditandai dengan kabel berwarna Merah-Biru sedangkan pada defleksi vertikal biasanya ditandai dengan kabel warna Hijau-Kuning, pastinya bagi yang sering memperhatikan konektor dari kumparan defleksi ke PCB mesin TV sudah tahu hal ini.

Sinyal untuk defleksi horizontal diperoleh dari tegangan/ pulse horizontal yang dikuatkan ratusan kali lipat pada trafo flyback (FBT). Untuk vertikal tentu saja diambil dari penguat vertikal / IC vertikal, untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Deflection yoke pada dasarnya pada saat perakitan di pabrik sudah distel berbarengan dengan magnet konvergen yang sama sama juga diletakkan di bagian leher tabung. Sehingga jika terjadi kerusakan dan harus dilakukan penggantian maka harus distel ulang posisinya supaya tampilan gambar pas dengan layar tv.

Jika memang terdapat kerusakan pada gulungan dan harus diganti saya sarankan tidak usah tanya ke service center TV nya ya karena saya sudah pernah ke service center TV yang diservice untuk menanyakan harga defleksi yoke tv tetapi ternyata harus satu set dengan tabungnya juga sehingga bisa jutaan harganya untuk TV 29 inch, karena di pabrikan saat produksinya juga memang disetel untuk masing masing tabung crt dengan magnet purity / konvergen.

Beberapa kerusakan deflection yoke yang sering terjadi serta gejala yang timbul pada TV :

  1. Gambar menyempit kanan kiri
  2. Bentuk gambar menjadi oval
  3. Gambar garis horizontal
  4. Gambar berbentuk gelombang datar
  5. Transistor horizontal overheat
  6. Transistor horizontal jebol terus

Dari kerusakan diatas ada beberapa gejala kerusakan tv yang mirip dengan Tv rusak vertikal.

Lalu bagaimana cara mengukur defleksi yoke / deflection yoke ini supaya bisa ditentukan apakah rusak atau tidak ?

Jika diukur hambatan dengan Multimeter tentunya nilai resistansi yoke berbeda beda tergantung ukuran TV juga apakah 14, 21 atau 29 inch tetapi dari pengalaman dan penelusuran referensi service tv, umumnya hambatan kumparan horizontal nilainya lebih kecil yaitu kisaran 1,2 – 5 Ohm

Sedangkan kumparan defleksi vertikal memiliki nilai resistansi 14 sampai 17 Ohm, untuk mengukurnya bisa pakai multimeter analog dengan pengukuran x10, lebih mudah lagi dengan avometer digital supaya lebih presisi.

Selanjutnya …

TV Rusak Vertikal

Kerusakan TV rusak vertikal umumnya mudah diketahui dari ciri ciri gambar nya yang hanya menampilkan satu garis saja atau gambar yang muncul tidak penuh di layar CRT, sebenarnya selain gejala muncul garis juga banyak gejala lainnya misalnya saja gambar bergelombang, gamnar cekung dan lainnya.

Mungkin sudah tahu kan jika muncul kerusakan garis horizontal maka yang perlu dilakukan pengecekan kerusakan adalah blok vertikal karena gambar menjadi terkonsentrasi ke arah horizontal saja.

Berlaku juga untuk sebaliknya jika di layar TV CRT hanya muncul garis vertikal maka blok horizontal yang harus dicek walaupun perlu diketahui sangat jarang kerusakan muncul garis vertikal.

Berikut beberapa jenis kerusakan blok vertikal yang biasanya muncul di TV CRT beserta ciri ciri gejalanya sehingga semoga bisa membantu mempercepat memperbaiki tv rusak

TV Rusak Garis Horizontal

Kerusakan tv rusak bagian vertikal seperti gambar diatas bisa jadi adalah yang paling sering muncul pada TV CRT, beberapa penyebab yang mungkin adalah kerusakan pada deflection yoke bisa karena short ataupun putus.

Tidak adanya tegangan supply ke rangkaian IC Vertikal (+24Vcc) yang disebabkan ada resistor putus, kerusakan pada konektor defelection yoke, kerusakan pada rangkaian vertikal out, atau bisa juga karena raster terlalu terang.

Mencari penyebab kerusakan tv garis horizontal seperti ini gampang gampang susah, kebanyakan sih bisa langsung ketahuan dari IC vertikal nya. Tapi tidak jarang juga disebabkan faktor yang tidak terduga

TV Rusak Garis Bergelombang

Nah pada kerusakan seperti pada gambar dibawah ini yang kebetulan adalah Tv merk Samsung plano dimana gambar raster terfokus menjadi garis bergelombang tebal, kemungkinan penyebabnya berdasarkan penelusuran eferensi service tv, bisa disebabkan putusnya deflection yoke dibagian vertikal tegangan minusnya (-V).

Biasanya Deflection yoke dibentuk dari 2 kumparan yaitu horizontal dan vertikal, untuk memeriksa apakah short atau putus coba lepas sambungan di ujungnya bisa juga dari konektor di PCB lalu ukur resistansinya.

TV Rusak Vertikal Garis Diatas

Kerusakan lainnya yaitu seperti ditunjukkan pada gambar dibawah dimana hanya terdapat garis horizontal saja beberapa line pada bagian atas layar yang sekilas jika dilihat mirip kerusakan blanking yang biasanya terjadi pada bagian horizontal.

Kerusakan ini jika pada IC vertikal yang memiliki pin out Pump Up maka di area / komponen sekitar itulah menjadi penyebabnya.

Sedikit penjelasan mengenai pump up pada IC vertikal, sirkuit pump up kebanyakan sudah disatukan didalam IC vertikal yang tergabung ke vertikal out yang fungsinya kurang lebih adalah untuk menghasilkan tegangan tinggi untuk proses vertikal-retrace yaitu proses penyapuan secara vertikal dari bagian atas layar CRT ke bagian bawah CRT.

gambar kerusakan hanya terdapat garis horizontal saja beberapa line / garis pada bagian atas layar
Sirkuit pump up pada IC vertikal

Sirkuit pump up vertikal ini biasanya dibantu dua komponen eksternal berupa Elco dan Diode, jika kedua komponen eksternal atau IC vertikal itu sendiri rusak maka bisa menimbulkan kerusakan  TV rusak garis vertikal diatas. Ganti dulu elco pump up seperti yang ditunjukkan pada gambar rangkaian vertikal TV diatas.

TV Rusak Gambar Cekung

Berikutnya adalah kerusakan TV bagian vertikal yang mengakibatkan gambar menjadi cekung seperti tampilan dibawah ini. Kerusakan seperti ini banyak juga yang menyebut nya kerusakan EW (east-west), cacat bantal, ataupun kerusakan pin-cushion.

Dan penyebab timbulnya gambar seperti ini adalah karena sirkuit EW (East West) yang tidak bekerja normal, biasanya kerusakan ini muncul di TV flat slim dengan ukuran TV >20 inchi.

Ada 2 kemungkinan yang ada untuk kerusakan jenis ini :

  1. Jika TV menggunakan sirkuit East West maka cek transistor driver EW bisa short atau bocor, kapasitor filter modeul EW, IC driver EW rusak, lilitan pada rangkain EW, biasanya komponen ini letaknya dekat horizontal out.
  2. Jika TV tidak menggunakan sirkuit East West maka cek apakah tegangan B+ normal, cek apakah deflection yoke normal / pernah diganti dengan bukan orisinilnya, cek apakah mode zoom pada TV sedang diaktifkan.

Berikut contoh sirkuit EW di TV :

TV Rusak Vertikal Tidak Penuh

Berikutnya lagi adalah salah satu kerusakan yang paling umum juga dimana gambar tampil dengan normal tetapi tampilan atas bawah tidak penuh alias terpotong.

Penyebabnya tidak jauh dari sirkuit vertikal walaupun ada baiknya juga coba cek dulu settingan V-size mungkin saja ada yang merubahnya, nah berikut ini beberapa kerusakan yang paling mungkin :

  1. Cek tegangan Vcc IC Vertikal mungkin drop
  2. Pin out IC Vertikal rusak (ganti IC vertikal)
  3. Elco disekitar IC Vertikal kering (Elco kopel biasanya)

Sedikit tambahan juga jika terdapat TV rusak vertikal tidak penuh atas maupun bawah tetapi gambar terlihat melipat maka coba cek jalur feedback untuk IC vertikal TV biasanya ada nilai yang berubah berupa resistor / Elco tapi pernah juga menemui kerusakan ini karena IC vertikalnya harus diganti.

Selain kerusakan gambar vertikal yang disebutkan diatas tentunya masih banyak lagi jenis kerusakan vertikal yang lainnya jadi bukan hanya timbul gejala garis horizontal pada tv saja, setidaknya apa yang disampaikan diatas bisa menjadi petunjuk untuk troubleshooting / perbaikan kerusakan pada televisi.

Yang terpenting lagi ingat bahwa kerusakan boleh sama tetapi penyebab kerusakan belum tentu sama dengan yang sudah sebutkan diatas karena terkadang penyebabnya dari komponen yang tidak terduga atau seringnya hanya karena solderan yang retak saja.

Penyebab IC Vertikal Pada TV Jebol Terus

Penyebab IC Vertikal jebol / rusak terus pada TV bisa karena berbagai macam faktor dan yang membingungkan jika ternyata TV sudah selesai di service malah kembali rusak lagi di IC vertikal yang sama.

Seperti biasa sebelum melangkah lebih jauh sudah pada tahu kan mana komponen IC vertikal di PCB mesin TV ? ciri khas IC jenis ini adalah berbentuk seperti sisir yang terdapat heatsink / pendingin di atasnya.

IC vertikal yang biasa yang merupakan salah satu komponen dari rangkaian penguat vertikal memperoleh sinyal dari ic utama berupa gigi gergaji yang setelah dikuatkan akan diumpankan ke defleksi yoke. Power supply nya sendiri bermacam macam ada yang bersumber dari B+ atau trafo flyback.

Bagi yang belum tahu, berikut penampakannya supaya bisa lebih afdhol untuk pengecekan TV rusak vertikal nya :

Jika di diagram rangkaian televisi kalian bisa melihatnya di gambar dibawah ini (skema TV Samsung) :

Berikut ini beberapa yang bisa membuat vertikal rusak terus :

Cek Solderan Vertikal

Pertama kali yang wajib untuk dilakukan adalah cek solderan di blok vertikal dan di blok power supply, sangat mungkin tegangan yang masuk ke IC vertikal tidak sesuai dikarenakan adanya solderan di sekitar trafo switching yang sudah retak.

Tegangan supply IC berlebihan

Kebanyakan IC vertikal tegangan kerjanya tidak sampai 30 volt, jika menemui IC vertikal rusak, coba ukur dulu tegangan supply yang masuk ke Vcc IC tersebut dalam keadaan IC tidak terpasang.

Jika sampai 35 – 40 Volt atau bahkan lebih pasti ini yang menyebabkan kerusakan bahkan sampai menyebabkan meletus. Perhatikan saat pengecekan supply karena ada yang mengambil dari B+ atau ada juga yang mengambil dari Flyback.

Cek komponen sekitar IC vertikal

Pastikan untuk mengecek komponen aktif di sekitar IC misalnya saja diode yang berada di out rangkaian vertikal yang short / bocor sehingga menyebabkan IC vertikal overload.

Adanya kerusakan di Defleksi Yoke

Cara mudah untuk mengeceknya yaitu ukur defleksi yoke bagian vertikal yang kebanyakan lebih dari 5 ohm jika ternyata kurang dari itu bisa menyebabkan IC vertikal rusak. Kerusakan defleksi yoke pada TV yang rusak short antara kumparan vertikal dan horizontal sangat mungkin IC vertikal rusak terus.

Sebagai tambahan berikut list beberapa persamaan IC vertikal pada TV yang paling sering digunakan :

  1. STV9302A / LA78040 / LA78041 / STV9302B / AN5522 / STV9378 / TDA9302H / LA78045  / TDA8178 / LA78141 / STV9379 / STV8172 / STV9326 / TDA8172
  2. LA7840 / LA7841 / LA7845
  3. LA7837 / LA7838
  4. TDA4863AJ / TDA4865J
  5. TDA8357J / TDA8359J
  6. TDA4866 / TDA4867J
  7. TA8403K / KIA8403K / TA8427K
  8. AN5515 / AN5521

Jika memang diharuskan mengganti IC vertikal dengan persamaan yang ada lebih baik dicari lagi informasi tambahan mengenai arus maksimal yang bisa dilewatkan ke IC tersebut. karena Pada beberapa persamaan diatas ada yang secara kapasitas arus yang dialirkan lebih besar atau lebih kecil dari lainnya.